Mengukur Tingkat Ketahanan Lantai Kayu di Rumah

Beda jenisnya, beda pula kualitasnya. Sebelum menentukan untuk menggunakan jenis kayu untuk lantai rumah Anda, Anda wajib mengetahui tingkat ketahanan jenis-jenis kayu yang ada di pasaran.

Lantai Kayu


Hardwood flooring memiliki tingkat ketahanan yang bervariasi tergantung dengan jenis kayu dan karakteristik dari kayu tersebut. Tingkat ketahanan kayu ini akan menentukan keawetan kayu tersebut di masa mendatang.

Semakin tinggi tingkat ketahanannya, maka semakin awet pula jenis kayu tersebut. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa informasi bagaimana cara mengukur tingkat ketahanan kayu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya:


  • Mengidentifikasi Ketebalan dan Ketahanan Kayu
Lantai Kayu

Janka Hardness Test merupakan standar internasional yang banyak digunakan untuk mengukur tingkat kekuatan kayu. Tes ini berupa pengukuran kekerasan tekstur kayu dengan melekatkan sebuah bola kecil berukuran 0.444 inch yang terbuat dari logam ke permukaan kayu untuk melihat sejauh mana kayu tersebut dapat bertahan dari keretakan saat tertekuk. Tes ini juga menyangkut pengukuran daya yang diperlukan untuk memaku dan menggergaji kayu.

  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Ketahanan Kayu
Lantai Kayu


Pada dasarnya, berbagai jenis kayu mempunyai ketahanan yang hampir sama saat berada dalam kondisi yang kering. Hanya saja, Anda mesti jeli untuk memilih kayunya sesuai dengan fungsi pemakaian ruangnya. Sebagai tambahan saja, semakin gelap warna kayu maka semakin keras dan kuat juga ketahanannya baik terhadap rayap maupun jamur.

Terbaru :

 

Copyright @2014 - 2016 LantaiKayuku.com. By SangDesains

    English French German Spain Italian

    create a blog