Lantai Kayu Bali: Jenis dan Kelebihan

Rumah dengan lantai kayu memberi kesan tersendiri. Untuk anda yang menyukai bahan dari alam, lantai kayu Bali akan sangat cocok. Jenis lantai kayu membuat rumah terasa sejuk dan dapat dipasang di berbagai ruangan. Lantai kayu juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi anak-anak anda untuk bermain. Untuk anda yang ingin membeli lantai kayu, anda sebaiknya mengetahui beberapa jenis lantai kayu yang beredar di pasaran.
Lantai Kayu Bali: Jenis-Jenis Lantai Kayu
Secara umum, lantai kayu terdiri dari dua, yaitu lantai kayu finished dan unfinished. Lantai kayu finished berarti yang telah di final baik laminating maupun coating sedangkan lantai unfinished berarti yang belum dicoating tapi sudah berbentuk lempengan yang siap pasang. Lantai kayu Bali yang beredar di pasaran sangat beragam. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Lantai kayu jati
Kayu jati sangat banyak ditemukan di Indonesia karena tanahnya cocok untuk ditanami jenis kayu jati. Selain itu, kayu jati juga mempunyai tingkat ketahanan dan kekerasan ayng tinggi. Ini sangat cocok untuk digunakan sebagai lantai. Jika anda ingin membeli jenis lantai kayu jati, sebaiknya anda memilih yang finished karena akan lebih mudah untuk memasangnya. Sebaiknya anda tidak memilih lantai kayu yang jenis solid atau yang utuh terbuat dari kayu jati karena akan mudah mengembang atau menyusut dengan perubahan cuaca. Ini sangat tidak cocok untuk daerah tropis karena cuaca bisa berubah-ubah dengan drastis.
2.    Kayu Merbau
Kayu Merbau mudah ditemukan di daerah di Indonesia. Anda bisa memilih jenis lantai kayu dari merbau sesuai selera anda.
3.    Kayu Kelapa
Kayu kelapa mempunyai struktur unik tersendiri. Jika ingin memilih kayu ini, sebaiknya pilih yang telah finished, baik itu laminating atau engineering wood, karena pemasangannya akan lebih mudah.
4.    Kayu sonokeling
Kayu sonokeling merupakan jenis kayu yang berkualitas tinggi dengan tekstur yang indah. Lantai kayu dari sonokeling biasanya digunakan untuk mendekorasi ruangan dengan gaya klasik dan mewah. Untuk membeli lantai kayu dari sonokeling, anda ahrus mengocek kantong cukup dalam. Tetapi, jika anda menyukainya, ini tentu bukan menjadi masalah yang besar karena anda akan mendapatkan nilai estetik tersendiri dari kayu indah ini.
5.    Kayu Bengkirai
Kayu jenis ini mempunyai tingkat keawetan tingkat 1 dan 2. Untuk anda yang menginginkan lantai yang awet lama, anda bisa memilih jenis kayu ini. Kayu ini cukup banyak dikenal oleh tukang karena mudah untuk digergaji atau dibentuk. Produksi lantai kayu dari bengkirai banyak dijumpai di Jawa dengan tingginya tingkat permintaan dari pasar.
6.    Kayu Ulin
Jenis kayu ulin adalah jenis kayu khas Kalimantan. Kayu jenis ini cukup keras dan dapat bertahan terhadap suhu, air, dan panas. Untuk anda yang menyukai sesuatu yang kokoh dan dapat bertahan lama, kayu ulin sangat cocok untuk lantai anda. Kayu ini mampu bertahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim di daerah tropis.
Itulah beberapa jenis lantai kayu yang beradar di pasaran. Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Terbaru :

 

Copyright @2014 - 2016 LantaiKayuku.com. By SangDesains

    English French German Spain Italian

    create a blog