Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Parket

detail berita
Foto: lantai parket/ ideaonline.co.id
JAKARTA - Ketika memasang pelapis lantai kayu (parket), kebanyakan orang membeli stok parket sebanyak-banyaknya lantaran takut tidak sempura dalam menutupi lantai.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli berapa banyak parket yang Anda butuhkan untuk satu bidang lantai, ada baiknya dihitung terlebih dahulu guna efisiensi budget yang Anda miliki. Ada pun cara menghitung kebutuhan lantai parket sebenarnya cukup mudah, Apalagi jika menghitungnya berdasarkan kebutuhan parket per ruang. 

Bentuk parket yang berupa kepingan persegi panjang, sebenarnya lebih memudahkan Anda dalam menghitung kebutuhannya. Tetapi, perlu Anda ketahui, bagian tersulitnya adalah jika adanya kebutuhan parket dengan bentuk miring atau asimetris.

Seperti yang dikutip dari blog arsitektur achitectaria, Selasa (13/3/2012), mulailah menghitung kebutuhan parket pada bidang segi empat terlebih dahulu.

Misalnya, untuk ruang seluas 3 x 4 meter. Sedangkan satu boks parket mampu menutupi 3,24 meter persegi. Maka, tinggal Anda hitung luas ruang 3x4 meter sama dengan 12 meter persegi. Dengan begitu, isi satu boks dapat menutupi bidang lantai seluas 3,24 meter persegi.

Pastikan untuk selalu mengingat rumus kebutuhan parket, yakni kebutuhan parket sama dengan luas ruangan dibagi luas bidang lantai yang ditutupi oleh parket sebanyak satu boks.

Masih memakai contoh tadi, berarti 12 meter persegi dibagi 3,24 meter persegi, sama dengan 3,70 box, dibulatkan menjadi empat box. 

Pembulatan ke atas ini berjaga-jaga supaya tidak terjadi kekurangan material parket akibat adanya pemotongan, sehingga Anda tidak perlu mondar-mandir untuk membelinya.

Jumlah parket yang dibutuhkan untuk menutupi ruangan tersebut adalah empat box. Jika harga parket per box sekira Rp100 ribu, maka biaya untuk empat parket adalah Rp400 ribu.

Untuk biaya pemasangan parket type engineered parquet flooring adalah sekira Rp25 ribu per meter persegi. Jadi, total biayanya adalah Rp400 ribu ditambah Rp25 ribu dikali 12 meter persegi, yakni Rp700 ribu. (rhs)

Sumber: 
http://property.okezone.com/read/2012/03/13/472/592100/cara-menghitung-kebutuhan-lantai-parket

Terbaru :

 

Copyright @2014 - 2016 LantaiKayuku.com. By SangDesains

    English French German Spain Italian

    create a blog