Cara Merawat Parket Agar Awet Tetap Terjaga


Parket atau lantai kayu mampu menghadirkan suasana alam dalam interior sebuah rumah. Selain menghadirkan kesan hangat dalam sebuah ruangan dengan menghalangi kelembapan dan rasa dingin yang keluar dari tanah, parket juga berperan penting dalam meningkatkan estetika sebuah rumah. Pemilihan lantai kayu sebagai penutup lantai memang erat kaitannya dengan fungsi dan estetika.
Tampilannya yang elegan menarik hati dan perhatian banyak orang. Untuk memperoleh keindahan sebuah parket ada harga yang tak murah yang harus dibayarkan. Selain tak murah, parket atau lantai kayu juga memerlukan perawatan yang lebih ekstra bila dibandingkan dengan lantai biasa. Hal ini dikarenakan parket rentan terhadap air dan bahannya lunak. Jika salah perawatan, bisa jadi akan menurunkan kualitas tampilan parket.
super-parket.blogspot.com
                                                            image:super-parket.blogspot.com


Lalu, bagaimana cara merawat parket atau lantai kayu agar tetap awet dan tampilan estetikanya tetap terjaga? Berikut tips merawat parket atau lantai kayu.

1). Taruh keset kaki di depan pintu masuk ruang yang menggunakan parket. Keset kaki ini berfungsi untuk ‘menyortir’ debu atau batu-batu kecil agar tak sampai mengotori atau menggores parket. Selain itu, keset kaki juga bisa mengeringkan kaki yang basah sehingga parket tak terkena air.
2). Jika ingin mengepel, gunakan pembersih lantai kayu yang direferensikan. Jangan sekali-kali mengepel parket dengan lap basah.
3). Jika parket terkena tumpahan air segera bersihkan parket dengan lap kering.
4). Jika ingin memindahkan furniture atau perabot rumah gunakan alat bantu untuk memindahkannya agar tidak menimbulkan goresan pada parket.
5). Untuk furniture yang tajam, sebaiknya beri proteksi pada kaki-kaki furniture tersebut.

Selain perawatan, parket juga memerlukan aksesori tambahan untuk meningkatkan estetika. Salah satu aksesori parket adalah lis. Selain membuat penampilan parket lebih rapi, lis juga berfungsi untuk mengunci rangkaian bilah-bilah pada parket agar stabil.

Semoga tips merawat parket atau lantai kayu di atas bermanfaat untuk Anda agar parket dalam rumah Anda tetap awet dan estetika tetap terjaga.

Terbaru :

 

Copyright @2014 - 2016 LantaiKayuku.com. By SangDesains

    English French German Spain Italian

    create a blog