Bagaimana mengaplikasikan parket dalam rumah?



Bagaimana mengaplikasikan parket dalam rumah? Menurut Bharata, ada tiga cara, yaitu solid, enginered, dan laminate parquet. Yang paling umum dikenal masyarakat adalah pemasangan secara solid. Caranya, mula-mula polyfoam dipasang di atas lantai yang rata, bersih, dan kering. Berikut, plywood diletakkan di atasnya dan dimatikan pada lantai dasar dengan sekrup serta fiser. Setelah itu, barulah parket dilem di atas plywood. "Usai semua proses itu, parket ditusir dan diamplas sebagai langkah akhir," beber Bharata sambil memperkirakan, pemasangan solid parket bisa memakan waktu sekitar satu minggu.

"Untuk enginered parquet, proses pemasangan bisa berlangsung dua hari. Pasalnya, parquet sudah direkatkan dengan plywood secara pabrikasi. Tinggal dipasang di atas
foam dan dirampungkan," jelasnya. Sementara enginered parquet cenderung lebih mahal dibanding yang solid. "Tapi karena dibuat dengan mesin, akurasi enginered parquet lebih baik sehingga bisa lebih tahan lama."

Sedangkan laminate parquet sebenarnya bukan kayu "sungguhan" tapi sejenis bahan
MDF (Medium Density Fiberboard) atau bahan fiber yang dibuat bermotif kayu. Pemasangannya persis seperti melapisi lantai dengan kertas lapis. "Bedanya lagi, laminate parquet cenderung glossy sehingga lantainya sering licin."

Mengingat utamanya terbuat dari kayu, musuh utama parket adalah kelembaban. Makanya Bharata menyarankan perawatan parket dengan penyedot debu atau lap yang lembab saja. "Jangan sekali-kali mengepel lantai parket. Genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu." Meningkatnya kelembaban pada parket juga dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis. "Kalau itu terjadi, joint atau sendi parket bisa lepas sehingga kalau diinjak lantai akan berderak."

Selain menjaganya dari kelembaban, ada baiknya jika meminta perusahaan di mana kita memesan parket untuk menyuntikkan anti rayap pada parket. Untuk memelihara keawetan penampilan, karena warna kayu bisa pudar akibat sinar matahari, sebaiknya pemilik sering menukar letak perabot di ruangan yang menggunakan parket. "Ya, di daerah tropis, parket memang membutuhkan perawatan ekstra." Biasanya, sambungnya, perusahaan parket melengkapi pelayanan dengan steam setiap 6 bulan sekali. "Fungsinya untuk memelihara warna dan kebersihan parket."Meski terkesan agak rumit, memakai parket dalam rumah juga memberikan banyak keuntungan. Selain alami dan hangat, lantai parket juga dapat diaplikasikan pada berbagai gaya rumah, mulai dari alami dan etnik sampai dengan minimalis dan modern. "Dengan memadukan motif-motif kayu pada parket, kita bisa, kok, menyulap rumah jadi berkesan country, japanese style, atau gaya Jawa. Bahkan, dengan parket tertentu, kita menghadirkan lantai kayu ala galangan kapal."

Parket pun mampu menghadirkan kesan mahal karena sistem finishing yang semi-dove. "Tampilan parket seperti kayu yang dipernis, bersih dan mengkilap. Padahal, harganya bisa di bawah marmer, lho. Semua tergantung dari jenis kayu parket yang dipilih."

Nah, sekarang tinggal pilih, mau disulap seperti apa rumah Anda? 


Terbaru :

 

Copyright @2014 - 2016 LantaiKayuku.com. By SangDesains

    English French German Spain Italian

    create a blog